Banner
jardiknasbuku sekolah elektronik
Agenda
30 July 2015
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU SMKN 1 KARAWANG TP. 2012/2013

Tanggal : 06/18/2012, 14:11:58, dibaca 1079 kali.

 Pendidikan merupakan suatu proses yang berlangsung tanpa henti seumur hidup. Pendidikan berlangsung secara informal, formal, dan non formal. Kita mengenal pendidikan formal seperti Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Tiap-tiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lain.


Adanya ciri-ciri khusus di tiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan belajar di jenjang sebelumnya perlu ditinggalkan dan digantikan dengan cara belajar yang baru yang lebih sesuai dengan sifat pendidikan di jenjang yang bersangkutan dan dengan tingkat perkembangan kemampuan anak.


Berdasarkan uraian diatas, maka untuk mengantar siswa SMP memasuki SMK perlu dilaksanakan suatu kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) yang dulu dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa  ( MOS ).


 


Dasar Pelaksanaan

1.   Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 600/D/D2/02/2012 tanggal 28 Februari 2012 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru  Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA dan SMK.

2.    Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat nomor : 422.1/1876-SK-setdisdik tanggal 1 Maret 2012 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2012/2013.;

3.   Edaran Direktorat Pembina Kesiswaan, Dirjen Dikdesmen, Depdikbud, tahun 1999 tentang Petunjuk Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa ( MOS ) di SMA / SMK.

 

B.           Tujuan Khusus

Pada dasarnya MOPDB bertujuan Memberikan siswa kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan barunya. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil tetap mempelajari sesuatu yang baru, baik yang mengenai kegiatan fisik, lingkungan sosial ( termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah barunya ) maupun dengan cara-carabelajar yang baru. Adapun tujuan khusus MOPDB sebagai berikut           :

1.            Membantu siswa menyatu dengan warga sekolah, beradaftasi dengan lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah.

2.            Membantu siswa baru memahami kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan wawasan wiyatamandala, sehingga fungsi sekolah, guru, siswa dan masyarakat lingkungan dapat mendukung wujudnya tujuan pendidikan secara komprehensif menyeluruh.

3.            Mendorong siswa baru untuk aktif menambah pemahamannya melalui pengamatan terhadap lingkungan baru.\

4.            Membantu siswa baru mengembangkan keterampilan untuk melakukan analisis pengalaman dalam membuat kesimpulan-kesimpulan.

5.            Mengembangkan kreativitas dan memberdayakan potensi siswa sesuai dengan potensi minat dan bakatnya.

 

C.          Jenis Kegiatan

 

Materi penyelenggaraan MOPDB bagi siswa baru SMKN 1 Karawang Tahun Pelajaran 2012/2013 sebegai berikut :

1.            Pemberian materi bidang tatar meliputi : Wawasan Wiyata Mandala, Tatakrama Siswa, Program dan Cara Belajar, dan NAPZA.

2.            Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMK  dan implementasinya  oleh masing-masing perwakilan bidang keahlian.

3.            Pengenalan materi alternatif yang berkaitan dengan ekstrakulikuler seperti Orientasi PMR, Paskibra, Rohis, Pramuka, Karate, Silat, Kempo, Pencinta Alam (Burial), PADI, Futsal, Sepak Bola, Basket, Bola Voli, Softball, Seni Etnik, Teater, dll

4.            Outbond

5.            Perkemahan Masa Tamu Pramuka.( dilakukan setelah MOPDB dan waktunya ditentukan kemudian)

 

D.          Peserta

 

Peserta MOPDB adalah sekuruh  siswa baru SMKN 1 Karawang Tahun Diklat 2012/2013 yang terdiri dari 9 program keahlian yaitu : Teknik Permesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Gambar Bangunan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Komputer Jaringan sebanyak 1024 orang.

 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas